Viralblide.com adalah situs media online yang menyajikan berita aktual dan terpercaya, Wartawan Viralblide.com dalam bertugas menggunakan tanda pengenal dan surat tugas serta selalu menaati Kode Etik Jurnalistik.

Cegah Karhutla, Serda Riswanto dan Serda Suhaidi Babinsa Koramil 404-01/Gelumbang Bersama BPBD Laksanakan Patroli.

MUARA BELIDA, Viralblide.com - Untuk mencegah agar tidak terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah binaannya yaitu di Kecamatan Muara Belida, Babinsa Koramil 404-01/Gelumbang Serda Riswanto dan Serda Suhaidi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), laksanakan patroli diwilayah Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muaraenim Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (29/8/2024).

Serda Riswanto yang didampingi Serda Suhaidi mengatakan, Patroli ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Babinsa bersama dengan BPBD yang bertujuan untuk mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah wilayah teritorial Koramil 404-01/Gelumbang.

“Hari ini kami bersama BPBD melaksanakan patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Muara Belida,” kata Serda Riswanto.

Sambungnya, Jalur patroli kali ini menyusuri sepanjang pinggiran anak Sungai Musi yang merupakan lahan kosong dan semak belukar yang rawan terjadi Karhutla. 

Selama pelaksanaan patroli turut dilakukan himbauan kepada warga dan mengajak warga agar ikut serta mencegah kebakaran hutan dan lahan serta beri himbauan kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Saat ini mulai musim kemarau, kepada masyarakat kita himbau jangan bakar hutan dalam membuka lahan serta para pemancing agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, agar tidak terjadi kebakaran,” imbuh Serda Riswanto.(*)